Konsep Graphic User Interface
GUI (Graphical User Interface) adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.
GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Sejarah Singkat GUI
* Pada awal diciptakan, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard.
* Hanya orang2 tertentu sajalah yang bisa mengoperasikan komputer
* Akhirnya para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat
* Kemudian lahirlah yang disebut GUI (yang seperangkat aplikasinya menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lain yang menggantikan perintah ketik di shell
* Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah untuk mengoperasikan sebuah perangkat dari pada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak command tertentu.
* GUI pertama kali digunakan pada komputer yang diproduksi oleh APPLE yaitu Machintos dengan steve Jobs sebagai penggagasnya.
Pengguna GUI Pada Saat Ini Selain komputer, penggunaan GUI juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik Contoh : ATM milik Bank
Meskipun berbasis teks, namun sudah dianggap semi GUI karena pengguna tidak perlu mengetikkan perintah untuk mentransfer uang Kita hanya perlu menekan tombol yang sejajar dengan menu yang ada
Keuntungan GUI :
- Menarik Minat Pengguna
Menggunakan ikon grafik dapat mempermudah dan mengurangi kobesanan pengguna pada waktu menggunakan komputer
- Memudahkan pengguna
Pengguna lebih mudah memahami apa yang dipaparkan tanpa perlu banyak membaca
- Memahirkan Pengguna Dengan Cepat
Cara memanipulasi objek pada screen adalah sama dalam setiap aplikasi yang berlainan masa latihan - Pengguna yang Singkat
Karena pengguna GUI telah memudahkan pengguna aplikasi maka pengguna dapat mengurangi masa latihan dan dapat belajar atau latihan dengan menggunakan aplikasi yang baru
- Resolusi Gambar yang Tinggi
Dengan menggunakan GUI maka kita dapat menggunakan gambar atau tulisan yang bisa menghasilkan sampai dengan 256 warna
Kekurangan GUI :
-memakan memori yang sangat besar
-Bergantung pada perangkat keras
-Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer
-Tidak fleksibel
Merancang GUI yang Baik
- Desain dapat diterjemahkan sebagai seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif.
- Arti Desain sebagai kata kerja : “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan objek baru
- Arti Desain sebagai kata benda : “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk objek nyata.
Prinsip Desain Yang Baik
1. Metafora (Proses Perancangan bentuk)
maksudnya menampilkan dan menggambarkan elemen-elemen (titik, garis, warna, ruang dan tekstur) yang relefan dan dikenali. Bisa menggunakan dekstop yang berhubungan dengan perancangan interface (adobe Photoshop, Corel Draw, Macromedia Flash, dll)
2.Kejelasan
2.Kejelasan
setiap elemen yang digunakan pada interface harus beralasan dalam penggunanya. Memperjelas pesan yang diberikan. Memberikan relax pada mata dalam menatap elemen-elemen saat beraktifitas. Menawarkan kesedrahanaan, enak dilihat, berkelas dan jelas
3.Konsisten
Konsisten dalam layout, warna, gambar (image), icon, tipografi, teks, dll
Konsisten pada layar, perpindahan antar layar satu ke layar lain
4. Konsisten pada desain interface yang dirancang
Bidang kerja (platform) mempunyai petunjuk tuntunan
sumber:http://adistimk.blogspot.co.id/2015/12/konsep-gui.html
sumber:http://adistimk.blogspot.co.id/2015/12/konsep-gui.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar